Penyebab Penyakit Kuning

Penyakit kuning memang jarang ditemukan disekitar kita, karena wabah dari penyakit kuning memang jarang menyerang orang dewasa, umumnya penyakit kuning lebih sering menyerang pada bayi yang baru lahir atau balita. Menurut data dan fakta, jumlah penderita yang terserang penaykit kuning memang tidak sedikit namun penyakit kuning biasanya berlagsung hanya beberapa hari atau seminggu, kemudian akan hilang kembali.

Pada beberapa kasus dari hasil studi yang didapat, bahwa penyakit kuning yang menyerang pada beberapa bayi yang baru berusia 3 hari pasca kelahirannya akan menunjukkan suatu gejala dari penyakit kuning seperti kulit bayi yang sebagian berubah menjadi warna kuning, bobot bayi yang sedikit menurun dari timbangan pertama ketika lahir. Namun beberapa bayi yang terserang penyakit kuning akan hilang dengan pemberian ASI. Karena ASI dapat memberikan sistem kekebalan tubuh yang baik bagi sang bayi dan ASI juga mampu menangkal radikal bebas dan serangan penyakit yang mudah menyerang bayi.

Penyakit Kuning Pada Orang Dewasa

Jika penyakit kuning yang menyerang orang dewasa umumnya dari banyak kasus yang didapat disebebakan oleh kegemaran beberapa dari gaya hidup seseorang yang kerap kali mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang cukup tinggi atau banyak, atau kandungan senyawa yang berbahaya dari beberapa jenis alkohol.

Gambar : (kiri) organ hati yang sehat, (kanan) organ hati yang rusak penyebab penyakit  kuning (jaundice skin).

Secara klinis penyakit kuning disebabkan oleh bilirubin yang meningkat, kadar bilirubin dalam tubuh manusia secara normal hanya berkisar 0-1 mg/dL, jika terjadai peningkatan bilirubin yang dapat mencapai 2-3 mg/dL. Bilirubin adalah zat warna yang diproduksi oelh organ hati ketika sel-sel darah merah yang rusak diolah dan umumnya dengan cairan empedu yang disimpan di kantung empedu dan kemudian masuk ke dalam usu dan bercampur dengan darah yang mengakibatkan warna kulit dan putih mata menjadi warna kuning.

Penyakit kuning yang sama artinya dengan penyakit hepatitis merupakan cikal-bakal dari penyakit yang dapat menyebabkan gangguan pada fungsi organ hati kemudian hati akan mengalami peradangan, kerusakan dan pembengkakan yang disebut dengan sirorsis. Jika tidak segera ditangani dan tidak ditanggap secara cepat gejala dari penyakit kuning akan mengakibatkan hal buruk terjadi pada kanker hati.

Gambar : Organ hati mulai dari organ hati yang normal hingga mengalami kerusakan hati (sirosis)

Penyakit kuning yang bervaraiasi dari berbagai jenis hepatitis dengan penyebab dari segala virus hepatitis ini menyerang pada organ tubuh yang sangat penting yakni Organ Hati. Organ hati merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki ukuran cukup besar dibanding dengan organ tubuh lainnya dan tentunya memiliki tugas dan fungsi yang besar pula dalam kehidupan manusia dan perlu perhatian dari kesehatan organ hati.

Hati atau hepar atau liver memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem metabolisme tubuh dan merupakan salah satu anggota tubuh yang bertugas sebagai alat untuk mencerna makanan dan mengambil sari makanan.

Berikut sedikit ulasan dari fungsi dan tugas organ hati, seperti :

1. Sebagai tempat untuk menyimpan makanan terutama yang mengandung gula, lemak dan sedikit protein

2. Tempat pembuatan protein plasma (darah) dan zat pembeku darah

3. Membuat cairan empedu yang sangat membantu sebagai zat pencerna dan sel-sel darah merah yang sudah rusak

4. Tempat untuk membuang dan memusnahkan racun serta membentuk sel-sel darah merah pada bayi yang masih dalam kandungan.

Penyakit kuning yang hanya menyerang organ hati selain disebabkan karena adanya penyalahgunaan alkohol dapat pula disebabkan oleh adanya gangguan dalam proses penceranaan akibat dari konsumsi jenis makanan yang salah seperti makanan dengan banyak kandungan kalori tinggi, lemak jenuh, bahan pewarna buatan, bahan pengawet, dan jenis bahan kimia berbahaya lainnya.


=====================================

>>> Obat Maxgiver Membantu Pengobatan Penyakit Kuning dan juga Menyehatkan Fungsi Hati, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Penyebab Penyakit Kuning and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>